Minggu, 03 Februari 2013

CIRI-CIRI ORANG YANG MENGGUNAKAN OTAK KANAN ATAU KIRI


CIRI-CIRI ORANG YANG MENGGUNAKAN OTAK KANAN ATAU KIRI _ fakihbondowoso.blogspot.com
Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry. Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.
Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.
Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.
Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.
Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif.
Disekitar Anda pastinya ada orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan, tapi tidak pandai bergaul. Sebaliknya ada orang yang pandai bergaul, tapi kurang pandai di sekolahnya. Keadaan semacam ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri.
Idealnya, otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang dan semuanya berfungsi secara optimal. Orang yang otak kanan dan otak kirinya seimbang, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi.
Untuk mengetahui apakah anda termasuk orang yang dominan menggunakan otak yang bagian mana, di bawah ini ciri-cirinya, termasuk di bagian manakan anda ?

ciri2 yg menggunakan otak kanan:
memilih kelas seni atau puisi daripada matematika atau sains
ingin bekerja bidang kreatif, sosial, penasihat, guru,dll
percaya pada kekuatan imajinasi
tidak suka sesuatu yang memeras otak
menyukai buku novel atau non fiksi
bisa mengingat mimpi-mimpi dengan jelas
lebih suka menyewa dvd daripada berita
mudah mengerti makna foto dan gambar yang dilihat, daripada angka2
suka menggunakan perasaan dan feelling yang kuat untuk mengambil keputusan

ciri2 yg menggunakan otak kiri:
ingin bekerja sebagai dokter gigi, akuntan, penasihat keuangan, progamer, peneliti, teknisi. dsb
suka baca koran, majalah atau buku fiksi, tapi kurang suka dengan novel
tertarik gengan hal-hal mesin
lebih memilih jadi arsitek di bandingkan interior
pandai berbicara
kesal kalo terlambat
memutuskan sesuatu berdasarkan fakta, bukan berdasarkan perasaan

4 komentar:

mad soleh mengatakan...

menurut antum kalau kerja sebagai petani contoh mencangkul menggunakan otak kiri atau kanan atau bahkan gak menggunakan otak

Zahra mengatakan...

@mad soleh: petani menggunakan otak tengah(central),krn dia berperan multi:

1. Meyakini kebesaran Tuhan(turunnya hujan)
2. Mensyukuri anugrah Tuhan(menjaga kesehatan)
3. Memberi penghidupan banyak orang(nasi sbg bahan pokok)

Unknown mengatakan...

thankyou...

teguh dlogoxz mengatakan...

menurut anda kalau seseorang yang percaya pd tahayul / hal yang tdk benar termasuk di dalam otak mana,..???

Poskan Komentar