Labels

Kamis, 07 Februari 2013

PARA ISTERI PRESIDEN INDONESIA (edisi Soeharto dan Habibie)


SOEHARTO
Masa Bakti (22 Februari1967 - 21 Mei 1998)

Raden Ayu Siti Hartinah 
(lahir di Desa Jaten, SurakartaJawa Tengah23 Agustus 1923 – meninggal di Jakarta28 April 1996 pada umur 72 tahun) adalah istri Presiden Indonesia kedua, Jenderal Purnawirawan Soeharto. Siti Hartinah, yang sehari-hari dipanggil "Tien" merupakan anak kedua pasangan KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo. Ia merupakan canggah Mangkunagara III dari garis ibu. Tien menikah dengan Soeharto pada tanggal 26 Desember 1947 di Surakarta. Ibu Tien kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional RI. tak lama setelah kematiannya. Ibu Tien meninggal akibat penyakit jantung yang menimpanya pada Minggu28 April 1996, di RS Gatot Subroto, Jakarta. Berawal dari saat Siti terbangun akibat sakit jantung yang menimpanya, lalu dilarikan ke RS Gatot Subroto. Namun tim dokter telah berusaha maksimal, takdir berkata lain. Ibu Tien meninggal dunia pada Minggu, 28 April 1996, jam 05.10 WIBSoeharto sangat lama merasa terpukul atas kematian Ibu Tien

Ibu Tien dimakamkan di Astana Giri BangunJawa Tengah, pada 29 April 1996 sekitar pukul 14.30 WIB. Upacara pemakaman tersebut dipimpin oleh inspektur upacara yaitu Ketua DPR/MPR saat itu, Wahono dan Komandan upacara Kolonel Inf G. Manurung, Komandan Brigif 6 Kostrad saat itu.
Sedangkan sebelumnya saat pelepasan almarhumah, bertindak sebagai inspektur upacara, Letjen TNI (Purn) Ahmad Taher dan Komandan Upacara Kolonel Inf Sriyanto, Komandan Grup 2 Kopassus Kartasura zaman itu.

BAHARUDDIN JUSUF HABIBIE
Masa Bakti (21 Mei1998 - 20 Oktober 1999)

Hasri Ainun Besari (biasa dipanggil Hasri Ainun Habibie) (lahir di SemarangHindia Belanda11 Agustus 1937 – meninggal di MünchenJerman22 Mei 2010 pada umur 72 tahun) adalah Istri dari Presiden Indonesia Ketiga BJ. Habibie. Ia menjadi Ibu Negara Indonesia ketiga dari tahun 1998 hingga tahun 1999.
Kehidupan awal
Hasri Ainun Besari adalah anak keempat dari delapan bersaudara putra dari H.Mohammad Besari, Arti dari nama Hasri Ainun berarti "Mata yang Indah". Ia kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan memperoleh gelar Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1961. Ia juga pernah bekerja di RSCM Jakarta. Ia menikah dengan Habibie yang juga teman bermain semasa kecil, pada tanggal 12 Mei1962. Mereka menghabiskan bulan madu di empat tempat yaitu di KaliurangYogyakarta, dilanjutkan ke Bali lalu diakhiri di Ujung Pandang, daerah asal Habibie. Dari pernikahan ini, Ainun memiliki dua orang putra, Ilham Habibie dan Thariq Kemal Habibie, serta enam orang cucu.
Kondisi Kesehatan
Pada tanggal 24 Maret 2010, Hasri Ainun Habibie masuk ke rumah sakit Ludwig-Maximilians-Universitat, Klinikum Gro`hadern, MünchenJerman dan telah menjalani sembilan kali operasi. Empat dari sembilan operasi tersebut merupakan operasi utama sedangkan sisanya merupakan eksplorasi
Kematian
Pada tanggal 22 Mei 2010 pukul 17.35 waktu München, Jerman. Ainun meninggal dunia setelah melewati masa kritis sekitar 1 hari dimana hidupnya ditopang oleh alat. Jenazah Hasri Ainun Habibie diberangkatkan tanggal 24 Mei 2010 dari Jerman dan tiba di Jakarta pada tanggal 25 Mei 2010kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata hari itu juga


Baca Juga :




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Cerita yang menarik. Tetapi, saya tidak tahu adakah bini habibie memenuhi kriteria waras untuk dimakamkan di taman makam pahlawan kalibata.

Posting Komentar