Kamis, 14 Februari 2013

PENYEBAB PERCERAIAN DI INDONESIA


PENYEBAB PERCERAIAN DI INDONESIA_fakihbondowoso.blogspot.com
Perceraian merupakan proses sulit bagi pasangan. Akibat bercerai, mereka bisa tersakiti secara fisik maupun emosional. Lantas apa saja sebenarnya sebab dari perceraian?
Ada beberapa alasan utama untuk bercerai?
Permasalahan dalam sebuah rumah tangga sangatlah komplit, maka dari itu sebelum kita menikah persiapkan dulu diri kita, baik dari segi kesiapan mental ataupun dari segi kesiapan materi sehingga perkawinan bahagia akan menjadi milik kita.
Beberapa pendapat ahli, baik dalam bidang hukum, sosiologi, dan juga psikologi mengungkapkan ada beberapa permasalahan yang sering terjadi di dalam rumah tangga yang akan memicu timbulnya perceraian, berikut ulasannya :


  • Perbedaan prinsip

Alasan perbedaan prinsip sering digunakan oleh para pasangan ketika bercerai. Masalah prinsip ini biasanya berkaitan dengan agama, karir, anak, dan perbedaan lainnya.
  • Kekerasan

Masalah kekerasan dalam rumah tangga juga menjadi salah satu penyebab pasangan bercerai. Kekerasan fisik merupakan faktor utama kenapa istri atau suami menggugat cerai pasangannya.
  • Perselingkuhan

Siapa yang tahan hidup dimadu? Apalagi kalau perselingkuhan itu sudah menyangkut aktivitas seksual. Alasan ini pun sering dipakai untuk menceraikan pasangan.
  • Kecanduan

Banyak orang yang kerap merokok, mabuk, sampai minum obat-obatan terlarang. Kalau sudah kecanduan, tidak jarang mereka akan diceraikan oleh pasangannya.
  • Keuangan

Uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan. Tetapi kalau tak ada uang, seseorang bisa lari dari pasangannya. Masalah finansial ini tak jarang ditemukan sebagai pemicu perceraian.
  • Komunikasi

Apa artinya hidup bersama jika tak pernah berkomunikasi? Terutama jika salah satu pasangan tinggal jauh dari rumah karena alasan pekerjaan. Buruknya komunikasi pun bisa membuat sebuah rumah tangga jadi hancur.
  • Seks

Seks jelas penting dalam kehidupan pernikahan. Tanpa seks, semuanya akan terasa hambar. Daripada hidup seperti itu, kebanyakan orang akhirnya memutuskan untuk bercerai. Sebenarnya ada solusi dalam setiap masalah tersebut di atas. Namun itu semua terserah pada pribadi masing-masing yang menjalani kehidupannya.
  • Kebosanan

Ini perceraian biasanya yang paling pahit dari semua karena mereka tidak melibatkan uang atau orang lain. Perceraian ini terjadi karena para mitra telah cukup tumbuh terpisah selama beberapa tahun. Mereka mungkin tumbuh tertarik dan jauh dan tidak lagi memiliki kesamaan sebanyak seperti dulu. Bahkan, kebanyakan pasangan mulai mendapatkan gatal tujuh tahun dan sementara beberapa hubungan bertahan lebih lama, yang tidak selalu terjadi. Salah satu cara untuk menghindari kebosanan merayap ke dalam pernikahan Anda adalah untuk memastikan bahwa Anda sangat baik cocok dan Anda melakukan sesuatu bersama dan mencoba hal-hal baru dengan satu sama lain.

0 komentar:

Poskan Komentar